Pages

Tuesday, December 29, 2015

Balada Kucing Sakit

Jumat tanggal 25 Desember kemarin adalah hari yang heboh. Gimana ga heboh ya, kucing kesayangan yang dikasih nama cantik Petty (padahal jantan) pulang kerumah dini hari jam setengah 2 pagi dalam keadaan mengenaskan.
Kucing kampung yang lahir pada bulan April 2014 ini bikin gaduh serumah dengan suara meong -nya yang bikin orang tadinya bobok pules jadi kebangun. Kondisinya bisa dibilang hampir mati karena mulutnya berliur kayak hewan doggy, napasnya kembang kempis dan kejang-kejang.


Ibu dan Bapak saya juga ikut bangun, cuman dengan kalemnya Bapak bilang ke Ibu,

"Kono Buk anak-anak kancanono." (Sana Buk, anak-anak ditemenin)

Kemudian Bapak balik tidur lagi.

Karena panik, adik saya satu-satunya minta bergegas ke klinik hewan dekat rumah yang berjarak 50meter saja. Tapi ya namanya dini hari tentu aja orang kan lagi enak-enaknya mimpi indah, tentu saja ga di bukain pintu sama petugas vet nya. Dan malangnya saya sama adik saya disamperin sama guguk dua ekor dan ngajakin rame karena menggonggong ga brenti-brenti. Dipikirnya kita mau maling apa ya.

Menyerah. Ga bakal dibukain pintu sama mas dokter, pulanglah berjalan kaki balik kerumah. Si Petty ini kebetulan ga suka ditaruh di kandang jadi dia minta keluar dari kandang dan malah melarikan diri di pojokan pager rumah klinik hewan. Saya gendong sambil jalan tapi tetep meronta melarikan diri. Selain penakut ternyata Petty kalo lagi sakit suka ngeselin, main kabur-kabur macam abege ga diijinin pacaran sama ortu.
Selang beberapa saat setelah berhasil ngebujuk si Petty, dia melarikan diri lagi ke pager tetangga. Entah apa maksudnya.

Sementara adik saya ngebujuk Petty turun dari pager saya masuk kerumah dan menghubungi salah satu kerabat yang kerja di klinik hewan. Minta resep P3K buat penangan kucing keracunan karena setelah saya gugling ria (sempet) si Petty terindikasi keracunan.
Tercetus air kelapa muda,yaelah nyari dimana coba air kelapa muda jam 2 dini hari. Mau kepasar pun takut ga kebur waktu karena kondisi Petty makin lemah. Akhirnya kerabat saya bilang sebagai alernatif dikasih air gula atau air madu. Agak sanksi ini berhasil tapi melihat adik saya nangis bombay karena badan Petty sebagian udah mulai kaku, secepatnya saya kasih ramuan air putih + madu dengan memakai suntikan (tanpa jarum) makanan hewan.

Lulusterasi
Image result for suntikan makanan kucing
Ajaib.
Setelah beberapa kali nelan air madu, beberapa menit kemudian Petty sadar dan badannya kembali anget walaupun napas masih belum stabil. Posisi adik saya menggendong Petty mirip seperti menggendong seorang bayi.
Alhamdulillah Petty masih bisa terselamatkan berkat air madu dan berkat doa.
Petty habis mimik air madu, masih lemes
Setelah kondisi Petty udah woles, Ibuk balik tidur menyusul Bapak. Waktu itu sudah pukul 3 hampir setengah 4 subuh. Karena capek akhirnya kita berdua menyusul tidur sampe pagi.

Niatnya pagi agak siangan mau bawa Petty ke vet dekat rumah, tapi ternyata Petty super ogah dibawa kemana-mana (suuzon mau dibuang mungkin ya hahaha) yasudah air madunya saya suapin lagi ke Petty untuk penambah energi.
(Saya gugling tentang kegunaan madu pada kucing dan hasilnya adalah untuk penambah energi + stamina pada kucing)

Mungkin buat temen-temen yang panik kalo kucing keracunan bisa dikasih air madu untuk penanganan cepat tapi tetep ya jangan lupa dibawa ke vet untuk pemeriksaan kesehatan biar cepet sembuh. Mau kucing kampung atau kucing ras itu ga penting, yang penting adalah rasa mengasihi kita sebagai manusia terhadap hewan.

Petty itu kucing kesayangan banget karena kucing jantan ini penakut, ga nakal seperti kucing jantan lain yang sering mampir kerumah. Dan lagi kucing ini penuruttttt banget, ga bakal ngeong kalo ga lagi laper. Tipikal kucing yang ga nyusahin tuannya. Makanya saya bakal kehilangan banget kalo sampe Petty ga terselamatkan Jumat kemarin.

Ya sudah ya, udah malem saya mau bobok

(Sengaja saya tulis di blog ini karena wordpress saya ga bisa dibuka. Lupa pasword dan lupa username)

Yang Pasti Piye Banget
Sekedar share.

No comments:

Post a Comment