Pages

Wednesday, December 24, 2014

Taiyaki Kue Cemilan Khas Jepang


cr photo: gugel

Hari ini emang judulnya jejepangan.

Setelah makan siang yang cukup mengenyangkan, sekarang giliran cemilan khas Jepang yang menarik mata serta lidah saya untuk bergoyang.

Selain takoyaki, okonimiyaki, dan dorayaki... Jepang juga punya cemilan enak yang bisa dimasukkan kedalam list sebagai teman kopi atau teh yang disantap di sore hari.
Taiyaki
Kue manis yang bentuknya sangat lucu dengan cetakan khas ikan serta isian selai kacang merah ini sangat digemari di Jepang.
Dalam bahasa Jepang, tai (?) adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae. Loyang untuk memanggang kue berbentuk ikan, sehingga disebut taiyaki (dalam bahasa Jepang, yaki berarti panggang). Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor. (om Wiki)
Nah sehabis keluar dari resto Tokio Bowl, mata saya tertuju pada sebuah kedai kecil berwarna kuning dengan banner beli 1 dapat 3

Tanpa menunggu banyak waktu, saya langsung datang ke kedai tersebut dan memesan satu porsi, Dengan isian (boleh memilih) keju, coklat, stroberi atau chip pelangi kita diperkenankan untuk memilih dua varian saja. Saya memilih isian coklat dua butir dan keju satu butir.

Sambil menunggu, iseng-iseng saya membaca-baca sebuah stiker kecil yang ada di grobak tersebut. LUCU



Setelah matang, tidak saya makan ditempat dan saya bawa pulang kerumah sambil menikmati kue bersama Ibu saya. Dan tidak sia-sia saya membeli kue taiyaki tersebut.
Rasanya memang sangat enak.
Yang pasti piye banget :D

4 comments: